9 Tips untuk Menghilangkan Bau Kaki

Selasa, Mei 03, 2016
Tips untuk Menghilangkan Bau Kaki
Bau kaki memang menjadi salah satu masalah yang dialami sebagian orang, yang kemudian akan memengaruhi penampilan. Bagi kita yang mengalaminya dan bingung, berikut ini adalah 9 tips untuk menghilangkan bau kaki yang bisa dicoba:

1. Scrub kaki
Scrub atau lulur pada kaki dapat dicoba. Gosok kaki dengan sabun dan air saat mandi setiap hari tidak menjadi solusi yang efektid untuk menghilangkan bakteri dari sel kulit mati dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Kita harus menggunakan peralatan lain yang sedikit kasar, seperti sikat, kain lap, atau lulur kaki. Bersihkan kaki secara menyeluruh hingga sela-sela jari.

2. Kaki kering
Kaki yang lembab atau basah akan berkontribusi untuk pertumbuhan bakteri kemudian menimbulkan bau. Kita harus memastikan kaki selalu dalam keadaan kering, sehingga mengurangi potensi bau kaki. Kaki yang basah juga akan menyebabkan gatal-gatal serta infeksi jamur pada kaki.

3. Mengganti kaus kaki
Bau kaki juga dapat disebabkan karena kita terlalu lama menggunakan kaus kaki sepanjang hari. Ketika mengenakan kaus kaki, kaki tidak dapat bernapas lega dan memicu kelembabab pula. Jika pekerjaan kita mengharuskan menggunakan kaus kaki, pastikan untuk rutin menggantinya setiap hari, jadi jangan menggunakan kaus kaki yang sama pada keesokan hari.

4. Sepatu berbahan kulit
Bahan kulit untuk sepatu adalah pilihan yang terbaik untuk kita gunakan. Bahan kulit memiliki kualitas tinggi dan memungkinkan kaki untuk bernapas. Berbeda dengan bahan plastik yang tidak memiliki ruang untuk kaki, sehingga kurang baik jika digunakan.

5. Kaki telanjang
Kaki telanjang maksudnya adalah tidak mengenakan alas kaki bila kita berada di rumah. Membiarkan kaki telanjang saat di rumah akan mengurangi bakteri yang menyebabkan bau kaki. Kaki akan lega dan bebas bernapas. Kita juga dapat menggunakan sepatu dengan bentuk sandal yang terbuka pada bagian ibu jari untuk mendapatkan udara yang cukup bagi kak.

6. Mencoba anti-keringat
Anti-keringat atau deodorant yang biasa digunakan pada ketiak juga dapat bekerja pada kaki. Tak ada salahnya untuk coba menggunakan deodorant pada kaki agar mengurangi bau tidak sedap. Gunakan pada kaki setelah mandi dan biarkan hingga kering sebelum mengenakan kaus kaki atau sepatu.

7. Merendam kaki
Salah satu cara sederhana merendam kaki adalah dengan menggunakan setengah cangkir garam yang dicampur dengan delapan gelas air hangat. Celup dan biarkan kaki terendam paling tidak selama 30 menit dan lalukan ini setidaknya satu kali sehari. Tidak hanya membantu mengurangi bau kaki, namun dengan cara merendam ini juga baik untuk kaki yang sakit atau pegal.

8. Sepatu bersih
Alas kaki yang kita gunakan harus bersih, oleh karenanya kita tidak boleh malas untuk mencuci atau membersihkan sepatu atau sandal kita. Sepatu menjadi sesuatu yang berbahaya yang berhubungan dengan bau kaki. Sepatu menjadi sarang berkembangnya bakteri, sehingga kita harus rutin melakukan perawatan pada sepatu.

9. Bedak
Tips untuk menghilangkan bau kaki yang terakhir adalah menggunakan bedak. Setelah mandi, oleskanlah bedak pada kaki. Selain bedak, kita juga bisa menggunakan tepung jagung untuk hal yang sama. Keduanya dipercaya memiliki kemampuan menyerap keringat dan membuat kaki menjadi kering dalam waktu yang lebih lama.
Previous
Next Post »