Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Tidur Nyenyak

Rabu, Maret 16, 2016
"Tubuh kita tidak bisa dikatakan sehat, apabila tubuh tidak mendapatkan tidur yang berkualitas", mungkin itulah yang diungkapkan oleh seorang pendiri website The Model Health Show, Shawn Stevenson ketika berbicara tentang faktor-faktor yang bisa tingkat kesehatan tubuh.

Ilustrasi seorang wanita sedang tidur
Ingatlah saat ingin menjaga kesehatan tubuh dan menginginkan tidur nyenyak dengan beragam nutrisi, pastikan asupan makananlah pertama, sebelum berbagai suplemen masuk. Tidak ada jaminan tubuh dapat menyerang beragam nutrisi dalam suplemen yang dikonsumsi. Lebih baik mengambil yogurt dari pada suplemen.

Lalu apa yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik? Berikut adalah beberapa nutrisi yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik:

Selenium
Peranan selenium dalam tubuh sangat penting, walaupun kebutuhan selenium dalam tubuh sangat sedikit, peran selenium mampu memberikan jutaan manfaat didalam tubuh, termasuk aktivitas tidur. Apabila tubuh kekurangan selenium bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Selenium ini bisa didapatkan pada biji bunga matahari, kacang brazil, ayam, tiram, jamur crimini dan sapi.

Vitamin C
Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah memiliki masalah tidur yang lebih banyak dan lebih rentan untuk bangun tengah malam.

Sumber terbaik vitamin C terdapat pada buah camu camu berry, amla berry, dan acerola cherry, selain itu buah-buah lain yang sering dikonsumsi, seperti jeruk, sayuran hijau, pepaya, buah kiwi, dan lain-lain.

Triptofan
Nutrisi ini penting sebagai prekursor untuk produksi serotonin tubuh. Triptofan sendiri merupakan satu dari 20 asam amino penyusun protein yang bersifat esensial bagi manusia.

Triptofan bisa ditemukan pada telur, ayam, kentang, pisan, biji labu, kacang almond dan yogurt.

Kalium
Dalam hasil penelitian yang diterbitkat oleh jurnal Sleep, mereka menemukan bahwa kalium bisa membantu mereka yang kesulitan tidur. Dan pisang mungkin merupakan sumber terbaik kalium, namun ada sumber lain yang lebih baik dari pada pisang.

Adalah sayuran hijau, kentang, brokoli, jamur cremini dan alpukat yang merupakan sumber terbaik kalium.

Kalsium
Kaitan kalsium berpengaruh terhadap kualitas tidur, itulah hasil penelitian yang telah dilakukan. Sumber terbaik kalsium terdapat pada kale, sawi, sarden, dan biji wijen.

Vitamin D
Terdapat kolerasi antara kekurangan vitamin D dengan ngantuk berlebihan di siang hari, itulah yang diungkapkan oleh jurnal Clinical Sleep Medicine.

Ada banyak sekali sumber vitamin D yang bisa didapatkan, misalnya pada ikan salmon, tuna, jamur shitake dan tiram, namun menurut penelitian paparan sinar matahari adalah yang terbaik.

Omega-3
Temuan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, omega-3 bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Sumber omega-3 diantaranya, biji chia, biji labu, biji rami, kenari, halibut, dan salmon.

Melatonin
Melatonin merupakan hormon yang mengatur siklus tidur, dan dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran dalam jumlah kecil.

Ceri asam merupakan sumber melatonin dengan kadar tinggi, terdapat juga pada kenari dengan jumlah kecil. Buah nanas, jeruk dan pisang mampu meningkatkan melatonin tubuh secara alami.

Vitamin B6
Vitamin ini termasuk bagian penting, karena fungsinya untuk mengatur respons stres dan merelaksasi saraf.

Vitamin B6 bisa didapatkan pada pisang, yogurt, kacang mete, almond, alpukat, tomat, bayam, ubi jalar dan telur.

Sumber: www.mindbodygreen.com
Sumber gambar: commons.wikimedia.org
Previous
Next Post »